Kosmetik Lokal: Tentang BPOM dan Lipcream Lokal Murah di Bawah 50 ribu


Kalau melihat perkembangan kosmetik, biasanya saya melihat dari teman-teman saya. Tiba-tiba ada yang punya skin care baru,  bedak baru, highlighter baru, setting spray baru, atau lipcream baru. Baik dari produk korea atau yang alirannya barat.  Biasanya lebih membuka obrolan di produk-produk yang dipakai oleh beauty vlogger ternama seperti Suhay Salim atau Tasya Farasya.

Namun, di akhir tahun ini, kosmetik lokal sepertinya sedang membumi. Banyak sekali kosmetik lokal yang sudah mengeluarkan produk barunya, contohnya pixy. Setelah mengeluarkan BB Cushion yang Dewy sekarang mengeluarkan lipcream yang bisa dipakai untuk lip dan cheek yaitu Tint Me dengan tiga varian yakni 01 In Red, 02 On Pink, 03 That Orange dengan harga jual 45.000.
Pixy Tint Me (foto: Stylo.id)
Sedangkan varian yang hampir sama, namun berbeda yakni blush on yang bisa dipakai di lip dan cheek. Hampir sama dengan Tint  me, namun dengan pilihan yang banyak warna. Kalau kamu ke Lazada, bakal ada potongan 25 ribu dengan minimal pembelian 145 ribu. Dan untungnya, produk pixy di lazada lebih murah dan diskon.  
Tampilan Pixy Twin Blush (foto : Stylo.id)


Bahkan kosmetik lokal seperti Fanbo pun mengeluarkan lip tint terbarunya yakni Fanbo Precious White Perfect Pairs Lip & Cheek dengan tiga pilihan warna, setelah Fanbo mengeluarkan lipcream matte di awal tahun 2018 ini.

foto: id.priceprice.com

Untuk kosmetik lokal keluaran PT Paragon seperti Make Over, Wardah, dan Emina memang inovasinya selalu berkembang. Wardah dengan produk lip and cheek dan Emina dengan Magic Potionnya.  Semua yang disebut dalam tulisan ini adalah produk lokal murah dengan lipcream di bawah 50 ribu. Meski masih ada purbasari dan sebagainya, namun ada yang lebih murah dari lip cream pixy yang bisa kalian dapatkan dengan harga official sekitar 45.000 dan harga online 36.000. Produk termurah itu adalah Casandra.


POM NA 18171300546
Produk lipcream Casandra hampir sama dengan lipcream Implora untuk harga. Tetapi lipcream Implora lebih menang di harga yang lebih murah. Namun Casandra lebih menang dengan varian warna sampai dengan 12 warna. Oh iya, harga lipcream Casandra ini bisa kamu dapatkan dengan harga 24.000 atau bahkan lebih murah jika kamu belanja di Shopee dengan harga 18.700. Namun awalnya saya kira tak ada BPOM nya, jadi agak khawatir kalau misal mau dicoba.  Pentingnya BPOM adalah sebagai alarm, kalau nanti pas dicoba ternyata kandungannya berbahaya bisa saja kulit bibir jadi bengkak dan harus dioperasi. Jadi jangan sampai meremehkan masalah BPOM  baik di kosmetik atau di obat. Sayang banget gara-gara mencoba produk murah tapi harus membayar mahal karena efeknya. 

Nomor POM Casandra berada di bagian bawah

Untuk nomor POM saya sudah cek di laman resmi pom dan memang produk Casandra sudah terdaftar. Jadi untuk yang mau mencoba sudah pasti aman. Untuk informasi detail POM Casandra ada di gambar berikut ini.
 Atau  jika kamu memang ingin mengecek semua kosmetik yang kamu pakai apakah sudah aman atau belum, kamu bisa kunjungi laman cekbpom untuk lebih detailnya. Atau untuk kosmetik atau obat impor kamu bisa cek laman FDA dan untuk produk kecantikan korea bisa di cek di laman MFDS. Namun akan lebih baik jika produk tersebut memang sudah memiliki ijin edar dari BPOM, meski produk dari luar negeri namun sudah memilki POM berarti menurut pemerintah produk tersebut sudah aman untuk dipakai atau dikonsumsi.

Murah bukan berarti tidak aman. Dan mahal bukan berarti sudah BPOM. Jadi ingat untuk selalu cek nomor produk BPOM sebelum mencobanya.

1 komentar: