Barang yang Dibawa Saat ke Gunung




Kalau dulu, dulu ga banget sih, sekitar 5 tahun lalu, barang bawaanku lebih banyak dan tidak ringkas. Bawa carrier 65-80 liter dengan payah ke gunung yang butuh waktu 6 hari perjalanan bahkan. Sedang sekarang, sebisa mungkin lebih ringan dan ringkas saja. Selain karena faktor berat bawaan atau berat badan, ternyata (bagi perempuan) tekanan yang dibawa saat carrier berat itu bikin sakit rahim.  Beneran deh. Efeknya, bakal sakit linu gitu disekitar rahim, dan ketika menstruasi bawa berat malah mens nya berenti seketika atau malah jadi banyak banget yang keluar.
Biasanya, ketika naik gunung sangat disarankan untuk wanita yang sedang haid karena daya tahan lebih rentan. Tapi, dari segi pengalaman, kadang malah pas hari H pendakian baru “dapet” atau sehari sebelum pendakian malah “dapet”. Pendakian saat dapet itu rasanya kayak main game tapi nyawanya udah kosong tapi masih harus gerak dan ngelawan. Oke, keluh ku saat pendakian akan aku narasikan pada kisah di sini. Nah sekarang, kalau mau pendakian sudah ga terlalu ribet karena udah ada daftar barang yang harus aku bawa. Nah ini daftar barang nya.

1.      Tenda

Tenda harus di cek kelengkapan. Sebelum dibawa ke gunung, coba dipasang dulu framenya apakah cocok sama tendanya. Kan menyedihkan pas udah sampe basecamp di gunung framenya ternyata beda. Dan jangan lupa bawa pasaknya. Selain cek kelengkapan, cek juga apakah ada yang sobek, atau rembes. Soalnya kalau musim ujan ga mau kan pas tidur tapi ada yang  nyusup masuk, dan tenda malah jadi danau.
2.      Carrier
Kalau carrier ternyaman aku, dengan tinggi badan 155cm aja ga nyampe, pilih torso ukuran S. Pengalaman aku pernah pake torso M dan itu kayak neraka. Kalau ga pilih yang torsonya bisa di adjust. Dari 65 liter, 45 liter, dan 35 liter, dan 40 liter , paling nyaman adalah 40 liter. Karena yang 35 liter (daypack) itu biasanya dimasukin matras konvensional itu malah ngabisin ruang. Kalau mau ngasih carrier, haha, semi carriernya deuter futura 30 l keluaran tahun 2018 adalah bedan ternyaman untuk pedankian bagi wanita seperti saya.
3.      Baju lapangan
Kalau pendakian 2 hari 1 malam, baju lapangan cukup sati set aja. Celana dan kemeja flanel misalnya. beda lagi dengan pendakian 4-5 hari, lebih baik membawa 2 set baju lapangan. Dan pilihlah bahan yang nyaman jangan celana jeans yang pasti. Bukan karena ga boleh gaya, tapi celana jeans kalau dibawa ke gunung bakalan lembab dan jadinya berat. Gitu. Legging juga pilih yang tebel, soalnya kalao yang tipis rawan kena ranting dan sobek. Paling asik sih yang bahannya quick dry.
4.      Baju tidur
Oh iya, baju tidur sama jaket jug aya. Jaket polar biar aman dari syhu dingin. Atau bisa aja bawa inner polar aja biar ga terlalu tebel saat dimasukan ke tas.
5.      Rain coat
Aku lebih sering pakai raincoat karena geraknya lebih enak dibanding ponco, tapi kalau pakai raincoat tas kita ga terlalu terlindungi dari air huja. Meski tas sudah ada rain covernya, tapi ga semua rain cover bertugas dengan sempurna. Pengalaman pakai raincover eiger bawaan dari tasnya aja, pas ke ciremai malah tembus ke dalam tas. Apalagi manusia bodoh yang berharap tidak akan ada hujan membawa sleeping bag nya tanpa dimasukan ke plastik, jadipun sleeping bag aku kebasahaan dan tidak ku pakai, dan dingginnya sungguh neraka.
6.      Kaos kaki
Biasanya bawa 3 kaos kaki. Satu buat jalan, satu buat tidur dan satu buat cadangan.
7.      Sarung tangan
Ini sih kadang ku bawa kadang tidak. Kalau pas jalan, sarung tangan tuh biar gripnya enakan dan ga bikin tangan kotor. Apalagi pas tidur malam, sarung tangan sangat membantu biar kita ga kedinginan. Jadi harus bawa!
8.      Head lamp
Ya ampun, aku jadi inget ngrusakin head lamp teman. Guys, head lamp penting guys. Bawa sama batterai cadangan.  
9.      Cooking set + alat makan
Isiya nesting (yang buat masak), kompor, gas, pisau, alat makan. Intinya satu set alat-alat dapur dan makan. Yes.
10.  Perlengkapan mandi +ibadah
Bawanya jangan satu botol legkap. Kalau bisa beli yang sachhet, atau yang travel size. Sungguh seminimal mungkin.
11.  Botol minum
Kalian belum pernah dendam ke orang karena orang itu nyuri air minum di gunung kan? botol minum itu penting banget biar kita ga minta minum ke temen. Apalagi saat survival air, dan dan Cuma 500 ml air yang boleh buat diminum untuk satu hari. Bayangan pendakian dari jam 8 pagi sampai 5 sore hanya berbekal 500 ml air minum, dan itupun harus di minta teman setengahnya. Yak kalau diminta denganbaik-baik, ini diminum tanpa sepengetahuan loh. Jalan di gunung kalau haus minum air dendam, sungguh. Jadi harus bawa ya, pake tupperware yag 1 liter juga oke.
12.  Trash bag
Buat sampah tentunya, tapi kalau mau lebih unyu, sampahnya dipotong kecil kecil, terus masukin ke botol air mineral 1,5 liter aja. Biar gampang bawanya.
13.  Dry bag
Nah kalau ini, sungguh harus kau bawa untuk masukin kamera, pakaian, hape, dan barang penting lainnya.
14.  Matras
Yak biar ga masuk angin dan kediginan pas tidur.
15.  Fly sheet
Kalau pas dijalan dan ujan, harus neduh dulu, dariapda pakai tenda, mending bangun fly sheet dulu. kalau pas huja, fly sheet bisa dipakai di atas tenda, agar air hujannya ga langsung ke tenda. Gitu.
16.  Tali rafia/ kur
Karena kebutuhan tali di gunung itu adalah keharusan. Buat ngiket sampah, buat ngiket tenda (kali aja kurang di pancang), dll.

Namun, masih banyak printilan yang harus dibawa juga. Kalau yang diatas seperti garis besar haluan negara lah,yang harus ada banget. Nah untuk printilannya ada di gambar di bawah ini.



Masih ada printilan yang hars dibawakah? Tapi itu cukup, meski makanan belum masuk kan?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar