Belajar Bahasa Korea Mudah Untuk Pemula


Awal mula belajar Bahasa Korea karena pengen suatu hari nanti bisa baca satu novel korea selesei dan tahu artinya. Bukan karena ada niatan mencari beasiswa KGSP atau efek drama korea dan lainya. untuk level bahasa korea saya sih belum level 3, alias masih di TOPIK I. Kendati begitu, udah bisa lah ya nonton drama atau variety shownya tanpa harus pakai subtittle.
Belajar bahasa korea belum pernah seserius itu sampai mau les. Paling beli buku bahasa korea, atau download materi yang sekarang banyak banget di internet, atau ngobrol dikit sama penjual ttokpoki di depan kampus yang memang orang korea asli. Waktu itu curhat sepercik  mau tes TOPIK II sama beliau tapi akhirnnya KO alis gagal tesnya. Ya itung-itung pengalaman sih.
Buat yang baru banget belajar, aku dulu belajar pakai buku ini.


Menurut saya, buku ini gampang dipelajari karena untuk kosa kata korea ada terjemahan disampingnya. Selain itu juga dilengkapi dengan listening. Tapi, selain tujuan saya buat sekedar baca novel, tapi juga pengen juga naik level di Bahasa Korea lewat tes TOPIK. Jadi buku ini cocok buat belajar dasar korea, tapi kalau buat belajar TOPIK ada buku yang lebih gampang dalam menjelaskan tata bahasa koreanya.
Beli buku bahasa korea yang ke dua kalinya itu buku terbitan Kesint Blanc.

sumber: http://www.kesaintblanc.co.id

Buku ini kecil jadi gampang untuk dibawa-bawa. Materinya juga sangat rinci dan detail, tapi bukan gaya belajar saya. Jadi buku ini kurang cocok bagi saya. Selain harganya agak mahal juga.
Karena saya termasuk tipe moody, yang akan belajar saat ingin saja, jadi saya lebih suka mencari materi sendiri. Menurut saya drama memang sangat membantu listening dan meperkaya kosa kata. Namun, akan lebih enak jika diimbangin belajar tata bahasa korea. Untuk tata bahasa, saya belajar melalui laman website hangguk.com dan disitu kita bisa mendapatkan materi korea gratis dari buku Talk To Me in Korean. Dan TTMIK ini sangat gampang buat belajar karena di Youtube pun banyak sekali videonya. Dari level beginner, sampai intermediate. 
Nah buku paling asik buat belajar adalah buku My Korean 1 dan My Korean 2 dari Monash University. Buku ini bisa diunduh dengan gratis.





sumber : https://images.gr-assets.com

Selain dari materi di atas, buku PDF yang gampang untuk dipakai untuk pemula adalah buku EPS Topik untuk orang indonesia. di dalamnya dibahasa dengan rinci dengan menggunakan bahasa Indonesia. Saking banyak penggunanya, ada uang sengaja mencetaknya dalam bentuk buku dan dijula online. untuk mengunduh buku ini, bisa kunjungi laman ini.
 


Selain dari 6 buku tersebut, masih banyak materi gratis untk meningkatkan kemampuan berbasa korea. Namun buku yang saya bahas diatas adalah buku paling sederhana dan gampang untuk dipelajari bagi para pemula yang ingin belajar Bahasa Korea.
Untuk buku-buku lnajutan lain masih banyak sekali. Dari yang berbentuk buku dan PDf. Namun, karena saya belum mau untuk membeli buku yang berbayar jadi saya memanfaatkan buku PDF Bahasa Korea yang ada di Internet. Untuk buku Bahasa Korea lainnya, akan saya share di postingan berikutnya.

Selamat belajar  semua. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar