Manfaat nge-blog?





Dari pandangan subjektif, blog menjadi tempat yang paling aman untuk menumpahkan apapun perasaan dan pikiran setiap individu. Menjadi ranah yang menjadikan seseorang lebih menjadi nyata dan memang begitu apa adanya. Setidaknya tidak perlu ada pencitraan berlebihan seperti di sosial media lainnya. Misalnya di Instagram semua orang terlihat “wah” dan di twitter terlihat “bacot” semua. Ya masih sangat subjektif memang, tapi manfaat blog yang bisa didapatkan yakni:
1.       Melatih ritme menulis
Awal mula seorang menulis pasti akan terhenti pada 150-200 kata. Setelah itu ia akan berhenti dan membutuhkan waktu jeda yang agak lama untuk melanjutkan kata. Bahkan 500 kata menjadi sebuah perjuangan bagi seorang yang memang jarang menulis. Dengan nge-blog, bisa melatih kecepatan menulis yang awalnya 200 kata sudah jeda menjadi 500 kata baru jeda. Dan melatih kita menjadi seorang calon penulis produktif nantinya yang dengan gampang menumpahkan ide dengan runtutan kalimatnya. Dengan nge-blog, melatih ritme menulis kita tidak hanya karena mood atau deadline, tapi memang sebuah keharusan.
2.       Menambah teman
memang benar, menulis dan nge-blog menambah teman. Dengan blog kita bisa menjadi bagian dari komunitas blogger yang tentunya menambah teman dan mendapatkan informasi produktif. Tentu saja poin ini sanma pentingnya dengan poin nomor 1. Jika kalian belum tergabung dalam sebuah komunitas blog, langsung saja daftar. Banyak pilihan seperti blogger croni, ISB, Blogger Perempuan Network, dan masih banyak lainnya. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan yakni bisa meningkatkan PA dan DA blog kita dengan kita mengunjungi blog teman komunitas blog dan sebaliknya. Informasi campaign atau informasi event yang membutuhkan seorang blogger untuk berkolaborasi.
3.       Menghasilkan uang
Poin ini menjadi sambungan poin sebelumnya, yakni dengan tergabung ke dalam sebuah komunitas blog, kita mendapatkan banyak sekali informasi yang memberikan kita fee sebagai blogger. Selain dari info komunitas blog, kita bisa menghasilkan uang dengan mengadalkan Google Adsense. Oh iya, bahkan banyak sekali brand yang membutuhkan blogger untuk memprmosikan brand mereka dan tentu saja dengan fee sebagai rewardsnya.
4.       Menambah prestasi
Kompetisi yang saya ikuti di pendidikan formal sebatas english debate, olympiade science, atau lainnya. Setelah itu, untuk kompetisi lainnya tak ada kesempatan karena sudah semakin menua dan merasa tak ada kesempatan di bidang lainnya. Dengan membuat blog, kita bisa mengikuti berbagai lomba yang banyak tersedia. Dengan begitu, meski semakin tua, kita masih punya kesempatan untuk berprestasi tentunya.
5.       Portofolio
Di poin ke lima ini, manfaat yang bisa membantu memberi nilai lebih ke kita. Ya, dengan kita menulis di blog, pihak lain bisa menilai kita apakah tulisan kita layak jika kita ingin menjadi bagian tim di ranah penulisan digital, ataupun lainnya. Bahkan dalam ranah kesehatan, sebuah kepenulisan tetap begitu pentingnya. Apalagi ingin menjadi copy writer, blog menjadi sebuah senjata yang amat berharga.
Alasan kenapa nge-blog?
Selain dari lima manfaat di atas, blog menjadi sarana speak up yang sederhana. Begitu subjektif, dan sangat bebas. Selain melatih ritme menulis, mengasah hobi dan tentu saja, memberikan rewards terendiri. Bagi saya, menulis 500 kata itu sangat susah,  karena saya hanya mengandalkan mood untuk menulis. Bahkan skripsi pun tak ada seleseinya karena mood saya selalu berubah tiap harinya. Bagaimana saya bisa menyelesaikan satu buku jika menyeleseikan satu artikel saja tidak bisa? Jadi blog menjadi ajang melatih ketekunan menulis saya. Oh iya, tempat keluh kesah yang tidak “nyampah” sepertinya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar