Lolos TOPIK 1 dengan Materi Ini

gambar : topikguide.com
Biasanya sih yang membaca tulisan ini adalah manusia yang sedang atau ingin belajar bahasa korea dan ingin tes topik. Biasanya. Nah sebelum itu, tes bahasa korea disebut tes TOPIK. TOPIK ada dua jenis yakni TOPIK 1 dan TOPIK 2. TOPIK 1 yakni bisa dilakukan dengan self study loh. Nah untuk bisa lolos TOPIK 2 ini memang agak lumayan banyak tenaga kalau teman semua belajar secara otodidak. Tapi bagi teman yang belajar sendiri dan bisa lolos TOPIK 2 sangat hebat. Berbanggalah!

TOPIK ada berapa jenis?

TOPIK ada dua jenis, yakni TOPIK 1 dan TOPIK 2. Nah TOPIK 1 itu untuk level  1 dan 2, dan TOPIK 2 dari level 3-6.Dalam level 1 dan 2 soal tesnya masih tergolong gampang dan dasar. Listeningnya juga ga cepet-cepet amat. Kalau lolos level 1 atau level 2 berarti sudah bisa melakukan percakapan dasar sehari-hari. Intinya kalian udah bisa lah ya nonton drama korea ga usah pake subtitle. Nah yang level 3 ini sih lumayan banget tesnya. Soalnya aku pernah tes TOPIK 2 nih dan gagal. Iya menyedihkan. Tes TOPIK 2 di Bandung tahun 2017 lalu. Udah bayar, ya, lumayan mahal sih 250 ribu untuk bisa mengikuti tes TOPIK 2. Tapi lumayan sih dapat pulpen khusus ngerjain topik. Ya daripada ga dapat apa-apa kan ya?

Mending  tes TOPIK 1 atau TOPIK 2?

Iya waktu itu, memang nekat sih. Soalnya aku self study bahasa korea sendiri. Soalnya mau nyoba aja kali aja aku seberuntung cewek-cewek di drama korea. Iya, gitu. Nah, kenapa langsung nekat? Selain faktor mengharap keberuntungan, aku pun sudah terbiasa latihan topik 1 dan syukurnya lolos level 2. Nah maka dari  itu, mau nge-challenge buat level 3 tapi ya nekatnya keterlaluan. Nah daftar tes topik itu 2 bulan-an sebelum tesnya. Jadi kan mikirnya bakal belajar terus terusan kan. Eh nyatanya malah ga belajar sama sekali. Nonton drama juga lagi jarang banget, karena drama yang genre action atau selain romance lagi jarang tuh waktu itu. Jadi ya buat teman teman yang self study meski lolos level 2 mending sih tetep coba TOPIK 1 aja dulu.

Bayar berapa dan tesnya dimana?

Bayar tesnya itu untuk TOPIK 1 sebesar 150 ribu dan untuk TOPIK 2 sebesar 250 ribu. Syaratnya bawa KTP yang masih berlaku ya. Soalnya ada kejadian waktu aku daftar ternyata ktp aku bermasalah. Meski murah tapi juga jangan dianggap enteng. Soalnya sayang aja kan meski bayar 250 ribu tapi gagal. Kan harus nunggu tahun depan lagi buat tes. Soalnya kalau di Indonesia tesnya ada di 3 tempat, itu yang aku tahu sih. Yang pertama ada di Fakultas Bahasa Korea UGM, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung di Fakultas Sastra Jurusan Bahasa Korea, dan di Jakarta International School. Nah pas tes juga aku bermasalah gara-gara aku bawanya passpor karena KTP aku waktu aku cari-cari ga tahu dimana. Jadi minta izin sama profesor (orang korea) buat tetep ikut tes. Meski telat sepercik masuk kelasnya. Tapi syaratnya harus datang lagi hari besokannya dan bawa KTP yang jadi identitas pas daftar. Ya buru-buru dan melelahkan.

Cara daftarnya gimana?

Cara daftarnya harus datang langsung. Contohnya pas TOPIK tahun 2018 di UPI yakni tanggal 27 Juli -7 Agustus 2018 . Senin-Jumat 08.00-15.00, Sabtu 08.00-12.00 WIB. Nah persyaratannya,

1.  Fotokopi Kartu Identitas (KTP / Passport / KITAS / KITAP / SIM)

2. Pas Foto berwarna 3 lembar (ukuran 3 x 4).

3. Biaya TOPIK I-Rp. 150.000, / TOPIK II-Rp. 250.000

Tempat daftar topiknya di Lt.5 Ged.FPBS UPI, Bandung (Kantor Prodi Pend. Bhs. Korea),  atau kalau butuh informasi hubungi 0821 1566 6969. Nanti hasilnya bisa dilihat di http://www.niied.go.kr/eng/main.dor  dan kalau lulus sertifikatnya diambil di tempat kalian daftar dan melakukan tes.

Materinya apa dan berapa lama belajarnya?

Kalau materi bisa dilihat dari tes topik sebelumnya, banyak banget kok di internet. Dari yang berbayar dan gratisan.  Nah kalau mau lihat materi yang sederhana bisa dilihat disini. Materi itu rangkuman dari buku Talk To Me in Korean . Dan kalau mau belajar, untuk materi ini bisa kok jadi bahan lolos tes TOPIK 1 level 1atau 2. Kenapa? Karena pengalaman aku ngajar les di smp dan sma. Anak yang belajar materi ini bisa lolos tes topik level 1. Tapi buat teman yang baru banget belajar bahasa korea memang butuh usaha buat ngikutin alurnya tes topik. Tapi, buat yang belum sama sekali bisa baca korea, aku yakin kalian akan bisa baca bahkan bikin kalimat lengkap dengan SPOK pakai bahasa korea cuma 2 bulan aja.


Nah ada yang baru banget belajar soal TOPIK 1. Namanya Ilmi, salah satu anak SMA kelas 11 yang baru banget belajar TOPIK 2 bulan. Baru belajar TOPIK, bukan belajar bahasa atau hurufnya ya. Jadi dia emang udah ada dasarnya baca tulis dan arti kata. Tapi menurut aku perkembanagnnya cepet banget buat yang awalnya tahu satu kata, terus bisa bikin kalimat lengkap. 
foto:dokumentasi pribadi

Nah untuk yang anak kelas 9 , namanya Fani. Awalnya sama sekali belum bisa baca dan belum tahu arti kata. Selama beberapa bulan aja dia udah bisa baca dan tulis hanggeul. Tapi untuk topik memang belum mampu. jadi perkiraan belajar buat bisa tes Topik 1 ya sekitar 3 bulan sih. Jadi kalau teman semua mau belajar bahasa korea mending jangan tanggung-tanggung sekalian buat dapetin sertifikat bahasanya yakni dengan cara tes TOPIK. Belajar tekun selama 4 bulan setidaknya bisa lolos level 1 korea. 
*Sayang aja, hidup sering nonton drama korea tapi ga ada manfaatnya. Iya ga?




    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar