Skripsi atau Anxiety



Anxiety menjdi keywords yang menempati urutan atas mesin pencari google. Saya percaya, karena hampir setiap hari saya selalu mencari hal tentang anxiety. Bahkan setiap hari pula obrolan grup chat sosial media mengenai anxiety. Tulisan ini hanya obrolanku mengenai anxiety. Untuk tanda-tanda anxiety atau bagaimana menyembuhkannya, banyak sekali jurnal yang bisa teman baca di sini.

Obrolan anxiety itu sudah sering banget menjadi konsumsi untuk semua kalangan, bukan cuma anak sekolah atau kuliah. Ditambah lagi, obrolan ini semakin membludak karena 2 orang kenalan saya, mereka lebih memilih mengakhiri permasalahan mereka dengan bunuh diri. Ya bunuh diri agar semua masalah terhenti. Namun, saya tidak menyatakan bahwa kenalan saya yang dua orang itu mengidap anxiety. Permasalahan yang kami tahu hanya mengenai mereka adalah (kebetulan) mahasiswa akhir dengan permasalahan keluarga dan lainnya. jadi karen aperkara itu, obrolan mengenai anxiety sedang tinggi.
 Sungguh, anxiety itu ada dan banyak sekali orang yang tidak terlihat bahwa mereka mengidap anxiety. Makannya, lebih mengertilah bahwa setiap orang memiliki kepekaannya masing-masing. Dan berhati-hatilah dalam berucap karena orang dengan anxiety melihat suatu hal kecil menjadi sebah masalah yang besar, sedang orang normal meliihat hal itu menjadi wajar. Kurang-kurangilah menggunakan kata lebay pada orang lain, karena kamu sendiri belum tahu bagaimana berada pada posisi dia.
Pernah ga kamu merasa ga bisa keluar kamar kosan dan merasa bahwa keluar kosan itu hal yang menakutkan? Pernah ga kamu tiba-tiba cemas karena banyak sekali orang dan membuat kamu hilang napas? Pernah ga kamu mendengar suatu berita yang akhirnya malah membuat kamu susah napas dan jantung jadi lebih cepat? Atau pernah ga kamu malahmenyakiti diri sendiri karena permasalahan kamu? Kalau kamu merasakan apa yang saya sebutkan sebelumnya, kamu perlu untuk konsutasi dengan psikologi. Buatlah janji, dan jangan kamu mendiagnosis sendiri apakah kamu anxiety. Tidak ada salahnya curhat ke seorang yang ahli.
 Sungguh, anxiety itu ada, dan orang dengan anxiety itu juga ingin biasa saja. Iya kan? tidak ingin lebay menghadapi sebuah masalah? Tidak ingin drama dalam menjalani hidup?  Jangan segan untuk minta bantuan teman dan ceritakan semua kegelisahan ya.  Oh iya, untuk kamu yang merasa anxiety, terkadang anxiety itu adalah hasil dari procastinate kita. Iya kita terlalu menunda-nunda hal dan terlena sehingga saat waktunya kita tiba kita cemas lalu menunda lagi, lalu cemas lagi. Begitu terus selanjutnya. Jadi, kalau awal permasalah kecemasan adalah karena penundaan, tak apa untu memulai lagi. Semua orang berhak mendapatkan kesempatan yang lebih baik. termasuk kamu.
Atau pernahkah kamu setiap hari dengar teman kamu ingin mati? Teman kamu sudah merasa tidak berguna dan tidak bisa mengahdapi masalahnya dan memilih untuk mati? Mungkin itu obrolan yang biasa saja, misal “duh pengen mati aja, asli”, namun sungguh, teman kamu itu butuh pertolongan. Jangan sampai kecolongan, karena nyawa bermain dalam masalah ini.
Contoh kecil anxiety disekitar saya adalah teman dan lingkungan dekat. Ia seorang procastinator dan sungguh ia menunda hal yang ia kerjakan. Mungkin awalnya, biasa saja, tapi lama-lama malah lupa apa yang harus ia kerjakan. Contoh saja skripsi, skripsi itu bisa menjadi hal yang membuat seorang mendapatkan anxiety. Jadi kamu takut bertemu dosen karena sudah lama tidak bimbingan. Kamu takut nanti disalahkan/ kamu takut nanti tidak diterima. Nah anxiety memang membayangkan ketakutan yang belum terjadi dan tidak berwujud, namun meski demikian, satu-satunya untuk meredakan kecemasan kamu adalah hadapi.
Anxiety, saya juga pernah mengalami. Hanya saja, saya lebih suka berdiskusi dengan teman, ngobrol dengan teman, karena nenurut saya, komunikasi adalah obat kecemasan. Komunikasi bisa melihat suatu permasalah dalam berbagai sudut. Bisa saja permasalahan itu tak begitu berat sebenarnya, tapi karena kita membayangkan ketakutan dulu jadi malah kita takut untuk menghadapinya.
Kalau kamu merasa anxiety, jangan malah menyendiri, menghindar dari masalah. Untuk awalnya memang tidak apa-apa, namun jangan menghindar dari sahabatmu. Belajarlah menerima jika memang kamu mengidap kecemasan berlebih dan tetap semangat untuk terus maju dan menjalani hidup.
Dan ini adalah bagian dari liryc kesukaanku.
And we'll get lost together
Till the light comes pouring through
'Cause when you feel like you're done
And the darkness has won
Babe, you're not lost
When your world's crashing down
And you cannot bear the cross
I said, baby, you're not lost





Tidak ada komentar:

Posting Komentar